[Asma'ul Husna] al-Ghafur dan al-Ghaffar

21 Januari 2013

[Asma'ul Husna] al-Ghafur dan al-Ghaffar

Sifat al-Ghafur dan al-Ghaffar, yang suka memberi ampun. Bagi orang mukmin mempercayai bahwa sifat al-Ghafur dan sifat al-Ghaffar yang terdapat dalam al-Asma’ul Husna (الاسماء الحسنى) merupakan sifat yang ada pada Allah, yaitu Allah suka memberi ampun terhadap hamba yang memohon ampunan daripada-Nya atas dosa-dosa yang mereka lakukan. Seperti dinyatakan dalam surat Ali Imran ayat 31:
ö@è% bÎ) óOçFZä. tbq7Åsè? ©!$# ÏRqãèÎ7¨?$$sù ãNä3ö7Î6ósムª!$# öÏÿøótƒur ö/ä3s9 ö/ä3t/qçRèŒ 3 ª!$#ur Öqàÿxî ÒOÏm§
Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Bahkan dalam surat lain disebutkan bahwa Allah mengetahui semua yang ada dalam hati seseorang, sehingga jika hatinya mempunyai keinginan buruk, yang dilarang oleh Allah, hendaklah segera mohon ampun kepada-Nya. Seperti disebutkan dalam surat al-Baqarah ayat 235:
(#þqßJn=ôã$#ur ¨br& ©!$# ãNn=÷ètƒ $tB þÎû öNä3Å¡àÿRr& çnrâx÷n$$sù 4 (#þqßJn=ôã$#ur ¨br& ©!$# îqàÿxî ÒOŠÎ=ym
Dan ketahuilah bahwasanya Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu; maka takutlah kepada-Nya, dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.
Surat lain menegaskan bahwa Allah mengampuni orang yang bertaubat, beriman, beramal salih, dan tetap berada pada jalan yang benar (yang diridhai Allah). Dalam surat Thaha ayat 82 sebagai berikut:
ÎoTÎ)ur Ö$¤ÿtós9 `yJÏj9 z>$s? z`tB#uäur Ÿ@ÏHxåur $[sÎ=»|¹ §NèO 3ytF÷d$#
Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.
Surat lain menyatakan bahwa Allah SWT menguasai langit dan bumi serta apa yang ada pada keduanya, serta Maha Pengampun, seperti dalam surat Shad ayat 66-67 sebagai berikut:
>u ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur $tBur $yJåks]÷t/ âƒÍyèø9$# ㍻¤ÿtóø9$# ÇÏÏÈ   ö@è% uqèd (#îst7tR îLìÏàtã ÇÏÐÈ  
Tuhan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. Katakanlah: Berita itu adalah berita yang besar.
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.